Archives
The Amazing
April 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Categories

Keindahan bunga tulip yang terkenal di negeri belanda berbunga pada musim dingin antara bulan maret sampai april ini sangat menawan hati dengan bentuk dan beraneka warna. Pada mulanya bunga tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengahdan Asia Barat.

Kerajaan Ottoman Turki terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunga tulip dan mulai membudidayakan bunga tulip sejak tahun 1000. Motif bunga tulip sudah sejak lama banyak dipakai dalam seni ornamen Persia dan Turki. Nama yang diberikan orang Eropa untuk tulip berasal dari bahasa Persia untuk sorban (bahasa Persia : dulband) karena bunga tulip ketika belum mekar sepenuhnya bentuknya terlihat seperti sorban. Karenanya menjadikan tulip sebagai bunga nasional Iran dan Turki.

Di Belanda begitu terkenalnya bunga tulip sehingga dijuluki dengan sebutan ”Tulipomania” karena perkembangannya yang pesat. Setiap tahunnya mengirimkan bunga tulip untuk ditanam di kota Ottawa sebagai ucapan terima kasih kepada Kanada yang membebaskan Belanda dari Nazi Jerman dan sewaktu zaman pendudukan bermurah hati menyediakan tempat bermukim Ratu Juliana yang pada waktu itu masih puteri mahkota.

Jenis-jenis tulip yang sudah dikenal sejak zaman dulu mempunyai motif garis-garis, “coretan kuas,” atau “jilatan api” atau mempunyai warna lain pada bagian-bagian tertentu daun bunga, sedangkan jenis-jenis yang lebih baru mempunyai pola aneka warna pada daun bunga. Misalnya tulip putih, merah, dsb. Sentuhan warna lain pada warna dasar bunga tulip disebabkan perubahan pigmen di bagian atas dan bagian bawah bunga. Sedangkan untuk jenis bunga tulip ada berbagai macam diantaranya : Single Early, Double Early, Kaufmaniana, Fosteriana, Triumph, Darwin Hybrid, Greigii, Single Late, Double Late, Lily-flowered Tulip, Fringed Group, Viridiflora, Rembrandt, Parrot.


Leave a Reply